Dirgahayu Indonesia!

Leave a Comment

Dirgahayu Indonesiaku!

Hari ini, ya tepat hari ini 69 tahun yang lalu. Bangsa ini menunjukkan, Bangsa ini mengatakan, Bangsa ini memproklamirkan kemerdekaannya. Suatu hal yang sangat diharapkan setelah berjuang dalam hitungan abad, Sebuah harapan yang muncul yang bernama "kebebasan" setelah "penindasan". 
Cerita panjang yang telah dicipta dalam beragam rasa, berbagai gaya namun selaras makna, yakni indonesia satu indonesia merdeka. 

                               "Atas nama bangsa indonesia, Soekarno & Hatta"

Kutipan kalimat terakhir dari penyampaian di hari itu semakin menunjukkan bahwa bangsa ini sangat mendambakan kemerdekaan. Karena perjuangan yang telah ditempuh harus dibayar dengan sebuah kesuksesan,sebuah kebebasan bernamakan kemerdekaan.
Itu dulu,lain sekarang. Terkesan pilu melihat nasib bangsa kita saat ini. Dimana persamaan maupun perbedaan tak berbeda satu sama lain. Dimana kebaikan dan keburukan bisa berdampingan dalam jalan yang sama. Dimana ketakutan sekaligus keberanian bercampur memunculkan kepalsuan. Topeng tersebar disetiap sudut jalan kota. Kepentingan merajalela di setiap keakraban. Bukan ikhlas didapat, melainkan ambisi terpenuhi. 
Ya, ini memang sebagian gambaran tidak semuanya sama, tidak semua pula berbeda. Bertambahnya usia semoga menjadikan bahan renungan untuk kita semua. Dimana semakin dewasa semakin bijaklah kita, semakin lupalah kita dengan kata egoisme.

0 komentar:

Posting Komentar